Kota Lama Surabaya: Napak Tilas Sejarah dan Aktivitas Kekinian

Wisata kota lama surabaya resmi dibuka oleh pemerintah kota pada kamis, 27 Juni 2024. Wisata kota lama Surabaya ini berlokasi di jalan Rajawali, Krembangan Sel., Kecamatan Krembangan, Surabaya Jawa Timur. Wisata ini sudah dikunjungi oleh ratusan hingga ribuan warga pada setiap harinya. Wisata kota lama Surabaya menyediakan beberapa atribut dan akomodasi untuk pengunjung, seperti sewa baju khas belanda, becak kuno, sepeda kuno, hingga jeep untuk berkliling di beberapa lokasi bersejarah di kota lama Surabaya. Pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan kegiatan saya saat berada di kota lama Surabaya.

Saat tiba di kota lama Surabaya saya langsung disambut oleh pemandangan bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas kolonial. Dinding-dinding bangunan yang terlihat kokoh meskipun sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Dengan penuh semangat, saya mulai memotret beberapa sudut yang tampak menarik. Lampu jalanan yang kuno, jendela jendela khas bangunan kolonial, mata uang kuno, replika mobil Jenderal AWS Mallaby yang digunakan Ketika tiba di Surabaya, dan pintu-pintu besar yang pernah menjadi saksi bisu masa lalu. Semua itu dapat tertangkap dalam bidikan kamera pengunjung.

Kota lama Surabaya memiliki best hour yaitu pukul 16.00 hinga 18.00 karena pada saat itu sedang terjadi sunset yang dapat membuat foto yang kita ambil akan nampak semakin cantik. Untuk saat ini lebih baik mengunjungi kota lama Surabaya saat weekday agar bisa mengeskplore seluruh tempat dengan nyaman dan tidak berdesakan.

Setelah puas berfoto di beberapa spot foto kota lama Surabaya, saya menyewa sepeda untuk berkeliling lebih jauh di area kota lama Surabaya. Tarif untuk menyewa sepeda kuno sekitar  Rp. 20.000,00 perjamnya tersedia setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 20.00. Saya bersepeda melewati Gedung singa, dikatakan gedung singa karena memiliki patung singa kembar di bagian tangga bangunan, hotel arcadia, dan juga Gedung cerutu yang mana didirikan pada tahun 1916 dan dulunya berfungsi sebagai kantor pabrik gula belanda.

Setelah puas berfoto dan bersepeda saya mampir membeli minuman di mauw  minum yang ada di kota lama Surabaya. Mauw minum buka pada pukul 15.00 hingga 21.00 dan menjual minuman yang cukup murah yakni dimulai dari Rp. 10.000,00.

Hari itu, saya pulang dengan perasaan puas dan penuh inspirasi. Kota lama Surabaya bukan hanya sekedar tempat bersejarah, tetapi juga sumber isnpirasi yang luar biasa. Setiap sudut kota ini bercerita, dan mungkin saya akan kembali mengunjungi kota lama Surabaya untuk menemukan lebih banyak cerita yang belum sempat saya dengar.

 Unusa




Postingan populer dari blog ini

Resume Unusa Career Center Unusa Gelar Workshop Public Speaking dan Pengembangan Desain Presentasi

Proses regristasi administrasi keuangan dan pembayaran Unusa

Unusa Career Center